Baterai Smartphone Masa Depan Akan Bisa Diisi Dalam Hitungan Detik

battery-charging-header

[Sumber gambar: wikimedia]

Teknologi pengisian aki lekas kini semakin ternama dan banyak diterapkan pada smartphone. Kaum produser kendati membuatnya secara banyak sekali nama, mirip Pump Express daripada mana MediaTek, turbo charging, adaptive fast charging, rapid charging, OPPO melalui teknologi VOOC Flash Charge, dan Qualcomm Quick Charge pada smartphone secara tipe prosesor terbaru.

Pengembangan teknologi tersebut terus dikerjakan, dikategorikan oleh karet peneliti daripada mana University of Central Florida. Secara mengejutkan, itu menemukan teknologi aki yang lebih hebat. Superkapasitor atau piranti penyimpan energi tersebut diklaim dapat terisi penuh cuma pada hitungan detik dan dapat bertahan lebih lambat.

“Agan dapat mengisi ponsel pada pada kaum detik dan tidak butuh mengisi ulang aki selama lebih daripada mana seminggu,” kata Nitin Choudhary, cela arti satu peneliti yang ikut pada riset tersebut.

baterai-kapasitor-header

Uniknya, superkapasitor hasil penelitian ini memiliki ukuran cuma seujung kuku jari. Tidak cuma mungil, akan tetapi tampilannya amat tipis dan fleksibel. Walaupun begitu, superkapasitor ini bisa menyimpan banyak energi.

Desainnya yang mungil pasti saja memungkinkan untuk dimanfaatkan pada banyak sekali perangkat. Misalnya, pada jam tangan brilian, smartphone, dan tablet. Terlebih lagi superkapasitor aki bisa bertahan sampai 30 seperseribu kali pengisian dibandingkan aki lithiom ion yang bisa bertahan antara 300-500 kali pengisian.

Sayangnya, teknologi ini segar sebatas purwarupa saja dan belum dapat dijumpai pada perangkat elektronik atau gadget ketika ini. Namun, tak tidak kiranya teknologi ini datang dalam masa depan. Bila betul tewujud, nantinya saat pengisian aki 5.000-6.000 mAh hendak semakin singkat.

[Sumber: engadget]

Reply