Cara Menghapus Data Cache di Semua Tipe HP Samsung

Cara Menghapus Cache di HP Samsung Header

Satu permasalahan yang sering dihadapi oleh para pengguna Android adalah perangkatnya mendadak lemot atau tidak bisa memasang aplikasi karena memori internalnya penuh.

Biasanya, permasalahan penuhnya memori internal perangkat tersebut salah satunya diakibatkan oleh banyaknya data cache atau data singgahan yang tersimpan di memori dari perangkat.

Data cache merupakan data sekunder berkecepatan tinggi, yang berupa data-data yang sering digunakan oleh sistem maupun aplikasi. Data-data ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan proses dari sistem atau aplikasi, karena aplikasi tidak perlu membuat data-data serupa berulang kali.

Namun sayangnya, semakin banyak proses yang dilakukan oleh aplikasi, sistem, atau program dari perangkat, maka tentu saja akan membuat data cache yang dimilikinya semakin bertambah banyak. Dan alih-alih mempercepat kerja perangkat, data-data tersebut malah bisa membebani perangkat.

Untuk itu, sebagai solusinya, kamu pun harus sering-sering menghapus data cache dalam perangkat yang kamu gunakan. Nah, bagi kamu pengguna perangkat Samsung, kamu bisa melakukannya dengan mengikuti cara berikut ini.

Cara Menghapus Data Cache di Semua HP Samsung

  1. Pertama-tama, buka Settings dari perangkat Samsung yang kamu gunakan.
  2. Selanjutnya, cari dan buka opsi Device care.
  3. Jika sudah terbuka, pilih opsi Storage dari menu yang ditampilkan.
  4. Dalam halaman Storage tersebut, kemudian ketuk tombol CLEAN NOW.

Cara Menghapus Cache di HP Samsung

Selain menggunakan cara di atas, kamu bisa menghapus data chace secara manual alias satu per satu pada masing-masing aplikasi. Untuk melakukan ini, kamu bisa membuka opsi Apps dari halaman Setting, masuk ke dalam aplikasi yang akan dihapus, masuk ke opsi Storage, dan pilih CLEAR CACHE.

Sebagai catatan, kedua cara ini bisa digunakan pada semua perangkat-perangkat Samsung yang mengusung sistem Android yang lebih baru, seperti Samsung Galaxy J7 Pro, Samsung Galaxy A6 (2018), dan lain sebagainya.

Untuk sistem yang lebih lama, seperti Samsung Galaxy S5 dengan Sistem Operasi Android KitKat, kamu bisa melakukannya dengan membuka Storage pada Settings, kemudian pilih Cached data, dan konfirmasi dengan tombol OK.

Atau jika ingin melakukannya satu per satu pada masing-masing aplikasi yang terpasang di perangkat, kamu bisa membuka Application manager, pilih aplikasi yang ingin dibersihkan, dan ketuk tombol Clear cache.

Reply