Kenapa Followers Instagram Berkurang Tiba-Tiba Beberapa Hari Ini?

Kenapa Followers Instagram Berkurang Tiba-Tiba Header

[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Beberapa waktu belakangan ini, beberapa pengguna Instagram, terutama para artis atau selebgram, mengeluhkan follower-nya berkurang secara tiba-tiba, bahkan dalam jumlah yang cukup besar.

Padahal bagi mereka, follower merupakan salah satu barometer untuk menentukan seberapa populer mereka di platform Instagram. Semakin banyak follower maka semakin populer akun miliknya, artinya semakin besar pundi-pundi rupiah yang bisa diperolehnya.

Meskipun perubahan jumlah follower merupakan hal yang wajar, tetapi hilangnya follower dalam jumlah yang besar dalam waktu yang singkat tentu menimbulkan sebuah pertanyaan. Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Instagram Lagi Bersih-bersih Akun Jahat?

Berkaca pada kasus yang terjadi pada bulan November 2018 lalu, banyak spekulasi yang mengungkapkan bahwa hilangnya follower secara tiba-tiba tersebut sebagai hasil dari proses bersih-bersih akun yang sedang dilakukan oleh Instagram.

Instagram memang merupakan platform yang cukup keras dalam memerangi bentuk-bentuk kecurangan, mirip penggunaan software otomatis untuk meninggalkan komentar atau melakukan follow kemudian unfollow akun lain guna mendapatkan lebih banyak follower.

Dan sebagai aksinya, platform jejaring sosial berbasis gambar tersebut mulai menghapus akun-akun yang dianggap palsu, mirip akun-akun yang suka mengirimkan spam atau akun-akun yang menjebak pengguna untuk mengganti password menggunakan software tertentu.

Konfirmasi Instagram

Meskipun alasan di atas cukup meyakinkan, namun untuk kasus yang terjadi belakangan ini tampaknya sangat berbeda. Artinya, hal ini bukan terjadi karena Instagram sedang melakukan pembersihan terhadap akun-akun yang tidak sesuai dengan kebijakannya.

Secara tersirat, melalui halaman akun resmi Twitter miliknya, Instagram seolah menunjukkan bahwa hal tersebut terjadi hasil permasalahan yang terjadi dalam sistem layanannya, entah itu bug atau hasil dari serangan siber.

Kurang lebih akun @instagram membuat cuitan bahwa mereka juga menyadari masalah yang menyebabkan perubahan jumlah follower akun untuk beberapa orang dikala ini, dan mereka sedang berupaya untuk menanganinya secepat mungkin.

Alih-alih mengungkapkan apa alasan terjadinya permasalahan, akun Twitter tersebut hanya berjanji akan menyelesaikan masalah tersebut pada pukul 9 pagi Waktu Standar Pasifik (PST) pada tanggal 15 Februari 2019.

Namun terlepas dari apa pun alasannya, ada baiknya kita tunggu hasilnya. Sebagai layanan yang tidak ingin kehilangan banyak pengguna, aku yakin Instagram akan cukup serius mengatasi masalah tersebut.

Reply