Makin Mudah Cari Kosakata Lewat Genggaman dengan Aplikasi KBBI V

aplikasi-kbbi-v-header

Kementerian Pendidikan Republik dan Kebudayaan Nusantara (Kemendikbud) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Norma, telah meluncurkan perangkat lunak resmi Kamus Gede Norma Nusantara Edisi Kelima (KBBI V). Aplikasi ini tentunya memudahkan Gadgeter untuk mencari makna kata, memeriksa ejaan dan kata baku, mencari padanan kata, dan sebagainya.

Hadirnya perangkat lunak KBBI V ini sekalian menjadi pelengkap KBBI V versi cetak dan versi daring (online) dengan alamat kbbi.kemdikbud.go.id. Dalam dalamnya terdapat 127.036 lema dan makna, dan bisa dijalankan secara offline. Oleh sebab itu, tidak usah khawatir kuota internet ikut tersedot.

Tampilannya sederhana dan gampang diakses, tanpa terganggu iklan tentu sekali. Dikala membuka perangkat lunak hendak dijumpai 4 icon pencarian, adalah Famili Kata, Ragam, Norma, dan Bidang. Lalu kemudian, dalam kiri kepada tersedia susukan menu yang menampilkan lima kategori dikategorikan Macam yang menampilkan pencarian Kata Pokok, Kata Turunan, Gabungan Kata, Adagium, dan sebagainya.

kbbi-v-aplikasi

Bila ingin lebih efektif, langsung saja tekan ikon cari dalam kanan kepada dan ketikkan kata yang ingin ditemukan. Respon pencarian lekas langsung menampilkan kata-kata yang dapat dijadikan rujukan. Fitur-fitur pada perangkat lunak pula cukup responsif ketika diakses.

Hadirnya perangkat lunak KBBI V tentunya amat bermanfaat untuk sapa saja. Misalnya, untuk membantu guru pada pengajaran Norma Nusantara, siswa bersekolah, mahasiswa, untuk yang senang menulis, atau aksi lainnya yang berhubungan dengan kata. Kita pula tidak butuh lagi membawa kamus ke mana-mana untuk menggali kosakata.

Sayangnya, hasil pencarian belum dapat disalin atau dibagikan ke media umum dan perangkat lunak pesan instan. Satu-satunya cara dengan melaksanakan screnshoot pada tampilannya. Terlepas daripada mana kekurangan yang tersedia, perangkat lunak KBBI V ini butuh disambut indah dan semoga menambah kepedulian dan kecintaan kita pada Norma Nusantara. Gadgeter dapat langsung mengunduh perangkat lunak KBBI V secara gratis dalam Google Play Store.

Sebagai berita, KBBI V versi cetak berisi lema dan sublema segar sebanyak 16.841 dan makna segar sebanyak 17.240. Banyak keseluruhan lema tersedia 108.844. Versi cetak, tebalnya mencapai 2.040 pekarangan, jauh lebih banyak dibandingkan dengan KBBI IV yang tebalnya 1.400-an pekarangan

Reply