Spesifikasi dan Harga Nokia 8.1

HMD Global kembali menunjukkan kekuatanya untuk kembali bersaing di smartphone mid-range dengan peluncuran Nokia 8.1. Smartphone ini telah dirancang dengan desain indah, kinerja kuat dan harga terjangkau.

Ketika Nokia 7 Plus diluncurkan awal tahun ini, Nokia telah menjadi salah satu smartphone terbaik di segmen mid-range. Dan sekarang, Nokia telah memiliki Nokia 8.1 dan bukan hasil upgrade dari Nokia 8 seperti namanya. Sebaliknya, smartphone adalah penerus langsung ke Nokia 7 Plus untuk mencoba menjadi posisi salah satu smartphone paling menarik di awal 2019.

Nokia 8.1 mempertahankan banyak fitur desain yang telah membuat Nokia 7 Plus sukses, dan seperti banyak produk HMD lainnya, smartphone ini juga menjalankan Android One. Smartphone ini memiliki sejumlah peningkatan yang signifikan dalam hal perangkat keras, kamera, dan layar, yang merupakan fitur penting untuk meningkatkan pengalaman penggunanya. Karena itu pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan Spesifikasi dan Harga Nokia 8.1 serta fitur dan kelebihan apa saja yang dimiliki smartphone dari pabrikan Nokia satu ini .

Spesifikasi Nokia 8.1

Spesifikasi dan Harga Nokia 8.1

Spesifikasi dan Harga Nokia 8.1

Desain dan perangkat keras

Nokia 8.1 memiliki desain eksterior yang sangat indah, dengan gaya yang mirip dengan Nokia 7 Plus. Seperti pendahulunya, bingkai telepon terbuat dari aluminium 6000 seri padat dan memiliki tepi CNC-cut yang terlihat sangat bagus.

Perubahan penting lainnya pada Nokia 8.1 sisi dorsal dibuat menggunakan bahan kaca yang lebih baik dari Nokia 7 Plus. HMD Global juga mencoba mengurangi bezel atas layar menggunakan area poni seperti tren smartphone saat ini. Oleh karena itu, Nokia 8.1 dengan ukuran layar 6.18 inci lebih besar dibanding Nokia 7 Plus.

Selain itu, HMD memperluas teknologi PureDisplay ke Nokia 8.1. Dengan demikian, ini adalah ponsel kedua dari merek Nokia yang memiliki fitur ini. Anda akan dapat menyesuaikan suhu warna dan tingkat kontras sesuai keinginan Anda, dan dilengkapi dengan filter biru muda dan kemampuan untuk secara otomatis menyesuaikan kecerahan berdasarkan kondisi cahaya lingkungan.

Layar 6,18 inci pada Nokia 8.1 memiliki resolusi 2280 x 1080 piksel dan kualitas layar hampir yang terbaik di segmen 3 jutaan. Ini memberikan warna yang brilian, kontras yang sangat baik dan kompatibel dengan konten HDR10. Saturasi warna tidak sebaik layar AMOLED, tetapi masih dapat memuaskan Anda. Layar Nokia 8.1 cukup terang untuk digunakan di luar ruangan.

HMD juga menambahkan fitur pada Nokia 8.1 untuk menjalankan media hiburan dengan lebih menyenangkan. Salah satunya adalah fitur speaker pada smartphone ini. Meskipun, hanya memiliki satu speaker, tetapi suara yang dihasilkan idak terdistorsi saat memutar pada volume tinggi dan bahkan memiliki bass yang enak didengar.

Nokia 8.1 memiliki 2 versi RAM 4GB dan 64GB penyimpanan internal, dan 6GB RAM dengan penyimpanan internal 128GB. Selain itu, ponsel ini juga memiliki slot MicroSD yang mendukung penambahan memori eksternal hingga 400GB, selain itu konektivitas seperti: Wi-Fi ac, Bluetooth 5.0, dan AptX juga telah ditambahkan pada smartphone ini. Seperti kebanyakan ponsel HMD, Nokia 8.1 juga memiliki tuner FM yang memberi Anda akses untuk mendengarkan radio.

Sensor sidik jari di bagian belakang Nokia 8.1 cukup nyaman dan aman. Ini dapat dibuka dengan cepat dan akurat.

Meskipun baterai pada Nokia 8.1 lebih rendah dari pendahulunya, pengguna masih dapat menggunakannya dengan cukup nyaman selama lebih dari satu hari berkat baterai 3.500mAh. Dengan penggunaan wajar, Anda dapat menggunakan ponsel selama dua hari setelah mengisi daya baterai sampai penuh.

Kinerja

Spesifikasi dan Harga Nokia 8.1

Spesifikasi dan Harga Nokia 8.1

Snapdragon 710 sangat menarik karena menawarkan inti prosesor yang sama dengan Snapdragon 845, tetapi dengan harga yang lebih murah. Pada dasarnya, Snapdragon 710 mirip seperti SD660, tetapi memberikan kinerja yang lebih mengesankan dan efisiensi daya yang optimal berkat proses 10nm yang baru.

Snapdragon 710 juga memiliki Adreno 616 GPU, yang merupakan pertama kalinya kami melihat seri Adreno 6xx yang keluar dari chip Snapdragon high-end. Adreno 616 diiklankan dengan peningkatan 35% dalam kinerja lebih dari Adreno 512 di Snapdragon 660 dan Qualcomm mengatakan kinerja keseluruhan akan meningkat sebesar 20% pada SD710 dibandingkan dengan Kryo 360 dari generasi sebelumnya. Selain itu, chip ini juga memiliki Hexagon 685 DSP seperti Snapdragon 845 dan Spectra 250 ISP untuk pemrosesan gambar.

Meskipun Snapdragon 710 tidak secepat Snapdragon 845, Ketika prosesor ini diintegrasikan pada Nokia 8.1 yang menangani segalanya setiap hari benar-benar cepat dan mudah. Semua game dan aplikasi yang membutuhkan kinerja tinggi dapat berjalan lancar di handset baru Nokia ini.

Perangkat lunak

Seperti kebanyakan produk HMD, Nokia 8.1 adalah bagian dari proyek Android One. Segera setelah diumumkan, itu adalah ponsel Nokia pertama yang datang dengan Android 9.0 Pie. Berbicara tentang perangkat lunak, HMD telah melakukan pekerjaan yang hebat untuk memastikan bahwa pembaruan selalu menjadi prioritas utama pada smartphone mereka.

Dengan Android One, Nokia 8.1 mengatakan tidak akan ada bloatware dan semua fitur pada smartphone ini hanya yang terdapat pada Android Pie.  Fitur-fitur baru seperti Digital Health dan App Actions sudah tersedia. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengurangi penggunaan telepon Anda. Ada juga mode hemat baterai pintar berdasarkan kebiasaan penggunaan Anda.

Kamera

Spesifikasi dan Harga Nokia 8.1

Spesifikasi dan Harga Nokia 8.1

HMD mempertahankan konfigurasi kamera 12MP + 13MP yang sama dengan Nokia 7 Plus, tetapi dengan beberapa perubahan penting. Kamera utama pada Nokia 8.1 memiliki sensor OIS dan kamera sekunder yang dapat memberikan informasi kedalaman untuk mode potret. Pemrosesan gambar yang lebih baik berkat chip baru Spectra 250 ISP akan memberi Anda hasil gambar yang lebih baik bahkan dalam situasi cahaya rendah.

Antarmuka kamera baru akan dimiliki Nokia 8.1 dan antarmuka kamera ini cukup mudah digunakan untuk mencari mode pemotretan. Anda bisa memiliki mode bidikan Pro yang memungkinkan Anda mengatur white balance, kecepatan rana, pencahayaan, dan fokus. Selain itu, HMD mempertahankan fitur Bothie yang memungkinkan Anda mengambil gambar dari kamera depan dan belakang pada Nokia 8.1.

Harga Nokia 8.1

Dengan harga sekitar 3,8 juta bisa dikatakan Nokia 8.1 akan bersaing dengan POCO F1, Vivo V11, Honor 10 dan OnePlus 6T. Nokia 8.1 tidak menawarkan beberapa fitur terbaru dan juga tidak memiliki face unlock atau sensor sidik jari pada layar. Tapi smartphone ini masih layak dibeli karena memiliki desain yang elegan dan kinerja yang kuat.

Reply